5 Juni 2014

Bocah Kecil yang pandai Mencari Uang

Akhir-akhir ini di desa saya lagi geger tentang makhluk cilik yang rajin mencari uang bernama tuyul. Kisah ini bermula ketika (cielaaaa) salah seorang pedagang di desa saya sering kehilangan uang. Karena kesal, pergilah dia ke orang pintar menanyakan perihal kehilangan uangnya. Setelah di terawang ternyata ada seorang tetangga yang melihara tuyul dan tuyul itulah yang mengambil uangnya, katanya. Wussshhh gegerlah kisah tuyul itu.

Saya pribadi tidak tahu apakah si tuyul ini benar-benar ada atau tidak karena belum pernah melihat atau kehilangan uang (tuyul tahu kali yaa siapa yang beruang siapa yang tidak :p). *Naudzubillah. Namun kisah ini terus berkembang setelah semakin banyak warga yang kehilangan uang.

Kisah-kisah seperti ini memang bukan kisah yang baru di Indonesia. Kerap kali manusia yang merasa putus asa dengan kehidupan yang sempit kemudian mengambil jalan pintas dengan meminta tolong pada makhluk ghoib. Entah itu yang namanya tuyul, pesugihan, atau babi ngepet.

Tapi yang pasti, sebagai seorang muslim kita sama-sama tahu bahwa dengan meminta bantuan kepada selain Allah maka terkategorikan syirik. Dan syirik itu dosa besar. Satu pesan suami, jangan ikut-ikutan ngegosip ya, nanti jadi fitnah. Apalagi dengan nunjuk-nunjuk siapa si empunya tuyul ini. hehhee :D Emang mulut perempuan itu bisa memproduksi berita lebih dari yang aslinya. Dibumbui sana-sani biar makin josss.

Dari si tuyul ini saya belajar bahwa dunia memang sangat melenakan, hingga manusia kerap melakukan apa saja demi meraihnya. Padahal, dunia ini hanya perhiasan, tipuan, dan akan kita tinggalkan manakala tanah sudah menutupi jasad.

Disinilah perlunya keimana yang kuat agar kita tidak mudah tergoda untuk melakukan hal-hal yang diharamkan agama untuk mencapai keinginan kita. Allah sudah menjamin  rizki untuk setiap makhluk yang ada di muka bumi, termasuk binatang melata sekali pun.

Masa iya sih, manusia yang memiliki akal kalah sama burung yang berangkat pagi pulang petang untuk mencari makan? Burung pun tak minta bantuan pada tuyul.
Hihihihii *ketawa horor

credit

6 komentar:

  1. percaya gak percaya, tuyul emang ada ya? apa di Indonesia doang yah teh?

    saya pernah denger tetangga belakang rumah saya waktu itu jualan es kelapa muda... ada nenek2 tetangga dekat masjid klo ada tuyul masuk rumah saya...
    si nenek2 ini emang tua bingit udah pikun sering dilihatin mahluk halus.. katanya sih...

    dan gosip2nya si pemelihara tuyul afwan dadanya gede... nah.. saya ilfil
    tapi sampai skrang belum tw jga bener apa enggaknya teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuyul itu kan termasuk jin, Ka. katanya, jin itu menyesuaikan bentuk/rupanya sesuai dengan kepercayaan/atau keyakinan di daerah tertentu. biar orang2 percaya dan rusak aqidahnya. mungkin di Indonesia aja, ka. di barat kan lebih seksi vampire. hihiii

      kebgan lahapnya. “Ini apa, Mi?” kataneradaan makhuk halus memang sulit ditebak benar atau ndak nya. kita cukup yakin saja kalau makhluk ghoib itu ada. wallahu a'lam bentuknya seperti apa.
      cukup memohon perlindungan padaNya

      Hapus
  2. Itu kan baru katanya kan, kalau belum ada bukti sebaiknya jangan mudah percaya gitu aja.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba. tapi berhubungan dengan yang ghoib biasanya sulit untuk dicari buktinya

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejakmu di sini :)
Thanks for coming