4 Juli 2015

Menghapal Al Quran dengan Mudah, Mau?

Judul Buku : Berbagi Pengalaman Menjadi Hafizh Al Qur'an (edisi revisi)
Penulis : Ir. Abduldaem Al Kaheel
Penerjemah : M. Nur Lili Aulia
Penerbit : Tarbawi Press, cetakan pertama, Juni 2010
Halaman : xiv +128 halaman

Banyak kajian, informasi, tokoh, pengalaman yang berpengaruh pada diri saya. Tapi satu-satunya yang mampu merubah seluruh kehidupan saya adalah : Menghafal Al Quranul Karim.

Kata-kata yang tercetak di cover depan buku ini bisa menjadi cambuk bagi siapa saja yang berazzam untuk menghafal Al Quran. Bahwasanya memang benar bahwa Al Quran bisa membawa perubahan besar bagi hidup seseorang. Al Quran bukan sekedar bacaan, tapi ia adalah hudan yang diturunkan Sang Khalik untuk seluruh umat manusia.

Buku ini berisi panduan ringkas dan praktis untuk menghafal Al Quran berdasarkan pengalaman penulis. Metode menghafal dalam buku ini adalah menghafal Al Quran dengan mandiri. Namun tidak menjadi larangan bagi kita untuk memiliki seorang guru sebagai pembimbing. Karena adakalanya bacaan yang menurut kita sudah benar, namun ketika dikoreksi oleh seorang guru, maka akan nampak berbagai kekurangannya.

Ketika berniat menghafal al quran biasanya akan muncul berbagai asumsi yang mengatakan bahwa kita tidak akan mampu menghafal seluruh Al Quran atau asumsi yang mengatakan bahwa diri kita sulit untuk mengingat dan mudah lupa dalam menghafal sesuatu. Semua godaan ini harus kita tepiskan dengan mengingat firman Allah Swt dalam surat Al Qamar : 18,

Dan sungguh telah kami mudahkan Al Quran untuk diingat, apakah ada yang mau mengingatnya? (Al Qalam: 18)

Jadi sebelum menghafal Al Quran kita harus lebih dulu yakin bahwa Allah akan memudahkan usaha kita untuk menghafal Al Quran.

Setelah itu agar kita istiqomah untuk menghafal, maka kita harus memiliki tujuan atau alasan KENAPA SAYA MENGHAFAL AL QURAN? Setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda. Dan tujuan yang kuat inilah yang akan mampu menarik dan mendorong kita untuk istiqomah menghafal Al Quran.

Ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari membaca Al Quran, di antaranya?

1. Menghafal Al Quran akan membukakan banyak sekali pintu kebaikan di hadapan Allah.

2. Menghafal Al Quran sama dengan mengambil pahala setiap huruf yang dibaca, minimal sebanyak 10 kebaikan.

3. Al Quran merupakan ensiklopedi terbesar yang tak ada bandingannya. Berisi ilmu dunia (sains, kedokteran, astronomi) dan akhirat, aturan hidup, dan sejarah.

4. Al Quran akan menjadi salah satu yang memberi syafaat di akhirat nanti kepada siapa saja yang senantiasa membacanya.

“Bacalah Al Quran , karena sesungguhnya ia akan datang sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya pada hari kiamat”. (HR. Muslim)

5. Dengan menghafal Al Quran kita akan memiliki kekuatan tersendiri dalam gaya bahasa karena secara tidak langsung terpengaruh unsur sastra dalam Al Quran.

6. Al Quran adalah penyembuh bagi beragam penyakit fisik dan mental.9. Menghafal Al Quran ibarat mengosongkan muatan negatif dalam otak kita. Tidak ada lagi waktu yang sia-sia, rasa malas, gelisah, sedih, ataupun takut.

Metode menghafal Al Quran ada tiga tahap,

1. Tahap mendengarkan tilawah Al Quran.
Tahapan ini bisa dilakukan dengan mengdengarkan kaset murotal setiap hari. Bacaan yang kita dengarkan adalah surat yang ingin kita hafal. Waktu yang lebih baik adalah menjelang kita tertidur. Karena saat ini otak kita berada dalam kondisi yang mudah mencerap informasi.

2. Tahap mentadaburi ayat.
Tahapan ini sangat penting. Mentadaburi ayat, selain membuat kita faham akan maksud suatu ayat, juga akan memudahkan kita untuk menghafal dan mengingatnya. Tahapan ini sangat penting karena akan membuat kita tidak hanya hafal lafadznya saja tapi juga mengerti maksudnya. Harapannya, agar kita bisa menghidupkan Al Quran dalam kehidupan bukan menjadikan Al Quran sebatas bacaan saja.

3. Tahap mengahafal.
Tahap menghafal akan lebih mudah dilakukan ketika kita telah sering mendengar ayat tersebut dan memahami ayat-ayat yang kita hafal. Studi menunjukan, otak kita akan berkembang ketika secara kontinu menghafal Al Quran. Misalnya, awal mengahafal Al Quran, kita hanya mampu mengahafal 5 ayat dalam sehari, tapi lama kelamaan kita akan mampu menghafal 1 halaman dalam 1 hari.

Mengahafal Al Quran adalah proyek dunia akhirat yang sangat mulia di sisi Allah. Al Quran sebagai hudan akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kita di dunia dan akhirat kelak. Butuh tekad kuat, niat yang lurus dan keistiqomah dalam proses ini. Namun kita harus yakin, Allah akan senantiasa memudahkan usaha kita.

Bagaimana? Ayo sama-sama kita menghafal Al Quran. Agar Allah senantiasa menjaga kita sebagaimana Allah senantiasa menjaga Al Qur'an.

Adakah di antara kita yang tak ingin menghafal seluruh Al Quranul Karim? Siapa di antara kita yang tidak bermimpi bila Al Quranul Karim menjadi temannya dalam meniti hidup di dunia? Siapa di antara kita yang tidak rela bila Al Quran memberi cahaya dalam kegelapan kuburnya? Adakah seorang beriman yang tak mau bila bertemu dengan Allah sedangkan ia menghafal firman-firman Allah Swt? (halaman 2)

8 komentar:

  1. nice post teh.
    baca bukunya lebh asyik ya...
    Sehat teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau baca bukunya lebih asyik.
      banyak hal-hal yang nggak ketulis di sini.
      alhamdulillah sehat :)

      Hapus
  2. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejakmu di sini :)
Thanks for coming