7 Februari 2016

Zaitun : Buah yang Diberkahi dan Memiliki Banyak Khasiat


credit

Allah sebagai Sang Khalik telah menyediakan begitu banyak nikmat yang terhampar di muka bumi. Nikmat-nikmat ini Allah ciptakan untuk kebaikan umat manusia. Salah satu dari nikmat itu adalah Pohon zaitun. Zaitun adalah salah satu buah yang disebut berkali-kali dalam Al quran. Salah satunya, disebutkan dalam surat An Nur ayat 35.

اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَارَكَةٍ زَيْتُونِةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ نُّورٌ عَلَى

نُورٍ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَن يَشَاءُ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ ﴿٣٥

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Selain itu dikisahkan pula bahwa Rasulullah sering memakai minyak zaitun untuk meminyaki rambut dan janggutnya. Rasulullah pun menganjurkan agar kita mengkonsumsi minyak zaitun seperti sabda beliau,

“Makan dan berminyaklah dengan zaitun karena ia berasal dari pohon yang diberkati (HR. Tirmidzi)”.

Kandungan dan Khasiat Buah Zaitun

Pohon Zaitun bisa tumbuh sampai 200 tahun. Untuk bisa berbuah, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun. Buahnya yang kemudian diolah menjadi minyak ini memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Ilmiah Minyak Zaitun

1. Squalene
Di antara minyak nabati lainnya, minyak zaitun memiliki kadar squalene paling tinggi. Squalene adalah cairan eter organik yang bermanfaat sekali bagi sistem imun manusia. Squalene digunakan sebagai bahan baku insulin bagi penderita diabetes.

2. Zat besiMeskipun kandungan zat besi yang dimiliki minyak zaitun tidak tinggi, namun dapat dicampurkan ke dalam sayuran atau makanan yang kaya zat besi misalnya salad sayuran berdaun hijau dan paprika, kacang-kacangan, telur, biji-bijian, kismis, daging merah dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

3. KalsiumSama seperti kandungan zat besi, kadar kalsium dalam minyak zaitun juga tidak besar. Anda dapat mencampurnya dalam makanan dan minuman sumber kalsium. Kalsium penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi, mencegah tulang keropos dan mudah tulang patah, untuk menyimpan glikogen agar tubuh tidak merasa lapar dan membantu kelancaran kinerja sistem otot, syaraf dan otak.

4. PotassiumKandungan minyak zaitun lain adalah potassium dalam jumlah yang sedikit. Manfaat potassium adalah untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, untuk mengubah gula menjadi energi dan membantu mengeluarkan sodium dari dalam tubuh.

5. PolifenolKandungan minyak zaitun yang memiliki kadar tinggi adalah zat antioksidan bernama polifenol. Minyak zaitun yang mengandung polifenol dalam kadar yang tinggi biasanya akan mengalami perubahan rasa, menjadi lebih pahit, tajam dan keras.

Dengan kandungannya yang kaya akan zat-zat yang berkhasiat, sudah tentu zaitun memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun sering dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kosmetik. Minyak zaitun bisa menghaluskan kulit, meremajakan kulit, dan menghilangkan flek hitam di kulit. Dalam dunia kesehatan, zaitun bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, mengobati penyakit jantung, kolesterol, flu dan batuk, menurunkan demam, dan masih banyak lagi.

Minyak zaitun, adalah obat yang wajib ada di rumah. Fungsinya yang serba guna bisa saya gunakan sebagai masker sebelum tidur, menurunkan demam anak, mengobati flu dan mengobati luka di kulit anak. Setelah menikah dan memiliki anak, saya terhitung mulai mengurangi pemakaian obat-obatan kimia. Anak-anak pun lebih sering mengkonsumsi obat-obat herbal seperti madu, zaitun dan habatusauda. Selain tidak memiliki efek samping, obat-obat herbal pun sudah dijamin oleh Allah dan Rasulullah. Yuk! Hidup lebih sehat!

5 komentar:

  1. Kalo buah aslinya blm pernah makan... produk minyak zaitun, pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak. aslinya belum pernah makan dan lihat secara langsung. zaitun memang kerap diolah menjadi minyak sebelum digunakan.

      Hapus
  2. kalo di rumahku, minyak zaitun selain buat dressing salad juga buat campuran masker..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejakmu di sini :)
Thanks for coming