27 Desember 2012

Make a Wish

27. Sedikit kaget melihat angka ini menari-nari pada kalender yang hampir habis. Detak waktu memang terasa sangat cepat berlalu ketika kita melihat ke belakang. Atau lebih tepatnya pada bentangan waktu yang kita sadari tidak akan pernah kembali lagi. Hmm berbicara 2012, di tahun ini banyak sekali kejadian yang merekat erat di memori kita, Dimulai dari kiamat (versi suku maya) yang nggak jadi, rencana kenaikan BBM yang bikin sewot, jatuhnya pesawat sukhoi, terkuaknya kasus wisma atlet, sampai Jokowi yang terpilih jadi Gubernur Jakarta. Lah? Apa hubungannya dengan saya coba? Hihii, ya ada dong, minimal kejadian-kejadian yang saya sebutkan tadi cukup menguras pikiran saya sebagai warga negara yang peduli dengan masa depan bangsa. *tsaaah.


Kalau berbicara masalah pribadi, tahun 2012 adalah tahun yang sangat berkesan setelah tahun 2011, tahun dimana saya menikah. Tahun ini, saya terlahir kembali sebagai seorang ibu. Seperti perkataan Rajenesh, the moment a child is born. The mother is also born. She never existed before. The woman existed but the mother never. A mother is something absoutely new. Yah, menjadi ibu adalah suatu hal yang baru. Suatu keadaan dimana seorang perempuan yang pada hakikatnya lemah, dituntut untuk menjadi penjaga, pendidik, dan muara kasih sayang untuk anak-anaknya. Jelas ini bukan hal yang mudah. Menyadari hal ini, tahun 2012 banyak saya lalui dengan membaca buku dan artikel-artikel seputar menjaga kehamilan, mempersiapkan kelahiran, sampai tentang pengasuhan anak. Semua ini saya lakukan demi mewujudkan resolusi saya di tahun ini, belajar jadi ibu yang sholehah.

Tak hanya itu, alhamdulillah di tahun ini, plan saya untuk menuntaskan hapalan juz ke 30 terlaksana sudah. Nah, ketahuan deh, segede gini baru hapal juz 30 doang. Tahun-tahun sebelumnya saya juga membuat plan yang sama untuk menghapal juz 30, tapi baru terlaksana sekarang. Mungkin karena saya punya suntikan semangat dari si kecil yang waktu itu masih senang menendang-nendang perut umminya. Saya dan suami punya cita-cita agar kelak anak kami menjadi seorang hafidz. Anak macan tak lahir dari ayam kan? Jadi saya bertekad untuk menghapal al-qur'an agar nanti bisa menemani dan membimbing anak saya menghapal ayat demi ayat firman-Nya.

Tahun ini, prestasi kepenulisan saya juga lumayan meningkat. *ciieeee. Alhamdulillah. Dua kali saya menjadi juara satu dalam sebuah kompetisi menulis. Dan berkat dunia blog yang baru saya jelajahi di awal tahun 2012, saya mempunyai tambahan tempat untuk belajar menulis lebih dalam lagi. Selain itu, 3 kali juga menang giveaway. Hihii. *semoga giveaway kali ini pun menang ^^

Bulan Mei, si kecil lahir ke dunia. Mulai saat itulah saya dituntut untuk mempraktekan teori-teori yang telah saya pelajari. Dan hasilnya, lumayan. Ada beberapa hal yang terealisasi, ada pula yang tidak. Pekerjaan rumah rangga, seperti yang kita tahu adalah pekerjaan yang tidak ada habisnya. Tiap hari itu-itu saja yang dikerjakan. Muter-muter. Kondisi saya yang hidup bertiga di perantauan dan jauh dari orangtua memang menuntut saya untuk serba mandiri. Melakukan tugas yang bejibun hanya dengan bantuan sang suami ketika dia sempat. Adakalanya dimana saya merasa jenuh. Dan saat itulah terkadang si kecil yang jadi korban. Sempat ketika merasa lelah, saya membiarkan si kecil main sendiri. Dan hasilnya, dia terjun bebas dari atas ranjang. Astagfirullah, kejadian ini menjadi titik balik bagi saya untuk lebih hati-hati lagi menjaganya.

Berharap jadi lebih baik dari sebelumnya, itulah inti dari harapan saya di tahun yang baru. Di tahun ini untuk diri saya sendiri, saya ingin membiasakan diri untuk memperbanyak amalan sunah dan baca buku-buku islami. Jujur, setelah punya anak, ibadah saya keteteran bangeet, mau sholat, anak nangis, mau baca buku, bukunya direbut. Mau nulis, anak rewel. Jadi resolusi yang paling inti untuk diri saya sendiri adalah belajar mengatur waktu dengan sebaik-baiknya agar ibadah, anak, suami, menulis, dan kerjaan di rumah tak ada yang terlantar.

Untuk hobi menulis saya, saya ingin membiasakan diri menulis setiap hari (Ini adalah rencana tahun 2012 yang gagal). Selain itu, saya juga ingin lebih banyak orang yang membaca tulisan saya. Hmmm, berharap juga, tahun ini tulisan saya ada yang tembus media, menang kompetisi dan mudah-mudah saya bisa segera memulai proyek menulis novel yang idenya sekian lama hanya mendekam di kepala.

Untuk suami saya, saya ingin belajar mencintainya dengan cara yang mulia. Tahun 2013, suami saya berencana untuk resign dari kantornya. Setelah kurang lebih 9 bulan bekerja di sana dengan rutinitas berangkat pagi pulang malam, suami saya merasa ada yang kurang dari kehidupannya sekarang. Dia merasa waktunya lebih banyak dia habiskan untuk mengejar dunia. Dia menginginkan pekerjaan yang bisa membuat dunia dan akhiratnya balance. Suatu pekerjaan yang membuatnya bisa tetap mencari nafkah dan membuatnya bisa memenuhi kewajibannya yang lain sebagai seorang muslim. Karena itulah, tahun depan suami saya berencana untuk membuka usaha sendiri. Semoga saya bisa menemaninya dalam kondisi apa pun.

Untuk anak saya, karena tahun depan usianya genap 7 bulan, saya ingin lebih hati-hati lagi menjaganya. Gerakannya sudah sangat cepat dan mulai belajar merangkak. Oya, saya juga berencana untuk membuat menu MPASI hariannya dengan metode BLW (Baby-Led Weaning, membiasakan anak untuk makan sendiri dan makan makanan yang dia suka)setelah MPASI di 6 bulan usianya, dia hanya makan seadanya dan tidak terjadwal.

Untuk kedua orangtua saya, sampai kapan pun saya ingin tetap menjadi gadis kecil di mata mereka. Seorang gadis yang sangat membutuhkan kehangatan cinta dan perlindungan mereka. Tahun depan, saya ingin lebih sering menelpon orang tua atau sekedar menanyakan kabarnya lewat sms.

Terakhir, untuk saudara-saudara saya, saya ingin menjadi saudara yang lebih baik untuk kalian. Terkhusus untuk adik laki-laki saya, tahun depan saya ingin membelikannya sebuah laptop. Semoga Allah memberikan rezeki-Nya.

Apa lagi yaa? Oya, semoga tahun depan blog saya tambah banyak pengunjungnya. Heehe, sama seperti blognya  Mba Mugniar yang sering saya kunjungi. Postingan-postingan di blognya kebanyakan bercerita tentang kehidupan sehari-hari, namun, hebatnya Mba Mugniar bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian itu. Postingan tentang anak-anaknya juga memberi saya gambaran tentang bagaimana menemani anak saya tumbuh nanti. Kalo Mba Windi, jujur saya belum kenal. Berkunjung ke blognya pun baru ketika saya ingin melihat info giveaway ini. *jujur amat yaaaa. Makanya, setelah giveaway ini, semoga kita bisa menjadi teman yang baik ya, Mbae ^^. Saya lihat Mba Windi bisa menjadi motivator saya untuk pantang menyerah mengikuti lomba atau kontes menulis apa pun itu. Biar dapet tv. Hhehhhee.:)

Finally, Ada banyak hal di dunia yang kita anggap baik, namun tidak bagi-Nya. Sama seperti ketika kita membuat pencapaian-pencapaian selama satu tahun ke depan. Kita boleh merencanakan apa pun, tapi kemampuan kita hanya sampai pada ikhtiar, terwujud atau tidaknya itu menjadi rahasia Sang Pencipta.

Ini Resolusiku, Share dong Resolusimu


6 komentar:

  1. banyak banget ya resolusinya buat tahun baru...

    BalasHapus
  2. Jazakillah for follow mba, saya follow kembali ya :)

    Salam kenal,
    Athiah Sulthon

    BalasHapus
  3. Aamiin. Semoga tercapai semua ya:)
    Ada anak bisa koq, ibadahnya meningkat. Sambil nyusuin sambil tadarus, pasti bisa habis banyak halaman tuh. Asyik pake Qur'an yang ukurannya bisa pas di telapak tangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ttg komen di blog saya:

      Setahu saya anggota IIDN ada di mana2 deh, termasuk di Tangerang. Coba saja browsing di facebook: Ibu-Ibu Doyan Nulis Interaktif atau IIDN Interaktif (pusat) dan IIDN Tangerang. Kalau gak ada, gabung dengan IIDN Jakarta saja :)

      Hapus
  4. bagus banget resolusinya. menghapal Al-Qur'an, wah jadi malu saya pengen anak saya jadi hafiz juga tapi ibunya sendiri cuma muterin mp3 Surat yusuf tiap malem #tepok jidat.

    semoga resolusinya tercapai di tahun ini ya mbaa, Makasi udah ikutan salam kenal ;)

    BalasHapus
  5. resolusinya untuk org" terdekat :D
    semoga terlaksana amin :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejakmu di sini :)
Thanks for coming