10 Desember 2013

Tips Jitu Tampil Wangi tanpa Parfum

Dalam islam seorang muslimah dilarang memakai wewangian ketika keluar rumah. Atau yang lebih kita kenal dengan parfum. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW.

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ
Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Nah ngeri kan ganjarannya jika kita melanggar larangan ini? Disamakan dengan pelacur loh!

Wah! Tapi aku nggak bisa kalau nggak pake parfum. Nggak pede. Nanti gimana kalau bau. Kan nggak enak juga?

credit
Alasan-alasan seperti ini yang kerap dikemukakan para muslimah ketika disodorkan dengan larangan memakai wewangian. Bagi sebagian mungkin orang parfum adalah sesuatu yang tak bisa ditinggalkan. Kalau nggak pakai parfum berasa ada yang kurang.
Nanti nggak pede lah, bau keringat lah, bau apek lah dan sebagainya. Seorang muslimah memang harus wangi, apa jadinya kalau seorang muslimah bau? Beeeeuuh, bagaimana mau menciptakan citra islam yang indah kalau muslimah-nya sendiri bau apek?

Namun larangan tetaplah larangan. Tidak bisa diganggu gugat dengan alasan apa pun kecuali seseorang akan kehilangan nyawanya ketika tidak memaki parfum. Lah emangn ada? :p
Nah, gimana caranya biar tetep pede meski nggak pakai parfum?
Sebagai Ummi yang kece saya punya solusinya.

  1. Mandi
Salah satu sumber bau yang kita cium berasal dari keringat yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Kita tak lantas menyalahkan keringat. Karena berkeringat adalah salah satu proses eksresi dan adaptasi tubuh terhadap udara yang panas. Jadi se-bau apa pun syukurilah ya temans :D
Agar tak menjadi masalah, bau keringat bisa kita hilangkan dengan mandi teratur minimal 2 kali sehari.
Kebersihan sebagian dari iman.
  1. Keramas setiap hari
    Keringat di rambut juga bisa menjadi sumber bau. Apalagi ketika kita memakai hijab, otomatis keringat yang kita keluarkan akan lebih banyak. Jadi bersihkan rambut dengan rutin.

  2. Gosok Gigi
    Bau mulut bisa juga menjadi sumber ketidak-pedean seseorang. Maka dari itu gosok gigilah ketika selesai sarapan dan sebelum tidur malam. Bahkan Rasulullah dalam sebuah haditsnya mengatakan, jika tidak memberatkan beliau ingin menganjurkan bersiwak setiap akan shalat. Gimana nggak keren coba? Masa bertemu dengan manusia kita pol-polan? Tapi ketika hendak menjamu Allah kita alakadarnya saja?

  3. Pakai Deodorant
    Kalau nggak boleh pakai parfum, kita masih boleh kok pakai deodorant. Deodorant bisa mengurangi bau badan dan sedikit mengurangi keringat. Sepanjang pengalaman saya, wangi deodorant tidak semerbak sampai tercium keluar, InsyaAllah tidak akan menimbulkan fitnah. 

  4. Menambahkan pewangi pakaian ketika mencuci

    credit

    Pakaian bisa juga menjadi sumber bau. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, pakaian yang tidak tersentuh sinar matahari biasanya akan berbau apek. Untuk mengatasinya bisa menggunakan pewangi pakaian. Banyak merk yang tersebar dipasaran, kita bisa memilih wanginya sesuai dengan selera kita.

  5. Menambahkan wewangian ketika menyetrika
    Tips nomor 5 dan nomor 6 adalah pilihan buat temans. Temans lebih suka melakukan yang mana? Tinggal dipilih saja. Yang terpenting pakaian kita wangi. Kalau saya lebih suka opsi ke 5. selain lebih simple dan nggak ribet saya lebih senang wangi pewangi pakaian. Biasanya saya suka mual ketika menyetrikan memakai pewangi. Wanginya lama-lama bikin enek. Selain itu waktu yang dihabiskan untuk menyetrikan pun semakin lama karena harus nyemprot-nyemprot dulu. Padahal saya nggak seneng banget sama pekerjaan satu ini. Hihi :P

Nah, sudah siap untuk tidak memakai parfum?

Selain melaksanakan kewajiban, tidak memakai parfum juga bisa mengurangi efek rumah kaca loh. Usut punya usut, freon (bener nggak yah nulis nya?) yang ada dalam parfum salah satu pemicu terjadinya global warming.

Fakta lain, sebagian ulama ada yang berpendapat jika alkohol dalam parfum digolongkan najis. Karena itu ketika kita shalat dengan memakai pakaian yang mengandung parfum, maka shalat kita tidak sah.

Ingat temans, Allah tidak menilai seseorang dari bentuk fisiknya tapi Allah menilai seseorang dari ketaqwaannya.

4 komentar:

  1. aku juga gak suka pakai minyak wangi :D
    pake deodorant, rajin bersih2 badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah, aku kira mba jiah jarang mandi.
      hihi :P

      Hapus
  2. hoho, wangi pakai hand body lotion.. :D (TAPI ITUPUN DIRUMAH KALAO Keluar rumah masih bau menyedap teh.)

    saya jarang pakai pewangi kalo nyetrika.. baju nyuci juga jarang pakai pewangi paling klo musim hujan bener tuh.

    keramas setiap hari? hoho 2 hari sekali ... sehari sekali musim hujan bisa.. brr....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itulah ka, kenapa pakai handbody lotion nggak dimasukan ke dalam tips. kadang masih suka semriwing wanginya.

      kalau saya memang setiap hari keramas. di sini mana tahan gerahnya :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejakmu di sini :)
Thanks for coming